Friday, September 23, 2016

HIKING PREIKESTOLEN ALONE

Pas tau jadwal hiking ke Preikestolen alias The Pulpit Rock cuma ada sampe bulan September, gue pun mikir mau kesana apa engga. Masa iya gue udah sampe Norway, tapi sama sekali ngga pergi ke tempat nature wonders nya sama sekali hahahaha. Akhirnya browsing2 tentang Preikestolen. Di antara Trolltunga dan Kjerag, Preikestolen tuh udah termasuk yang paling gampang (iya gampang buat Norwegian), dan katanya bisa kok kalo mau hiking sendiri. Ya abis gue mau pergi sama siapaaaa. Hiks lah.

Di website visit Norway sendiri bilang, kalo level hiking ke Preikestolen itu Medium. Dan yang bikin gue tambah ragu2 gara2 baca postingan orang2 di internet, katanya susah lah, harus banyak olahraga sebelum nanjak kesana, and so on. Udah masuk bulan September, dan gue kepikiran mau kesana baru pas abis dari Copenhagen. Kan ngga mungkin gue berangkat minggu itu juga ya. Akhirnya beli return ticket buat night train Oslo-Stavanger tanggal 20-21 September. Plus galau gara2 liat ramalan cuaca menduuung terus pas minggu itu. Tapi tetep beli tiket nya karena itu minipris alias gue maunya ngirit. lololololol.

Harusnya sih gue siap2 olahraga dikit2, tapi kenyataannya engga. hahaha. Gue cuma mantau instagram, Liat foto2 orang yang baru dari sana, gimana cuacanya. Karena kalo mendung, apalagi sampe hujan, aaaaaa percuma gue kesana pas diatas ngga bisa liat apa2 dong yakan.

Gue berangkat dari Oslo jam setengah 11 malem. Tas gue berat sama makanan doang (takut banget kelaperan) jadi terpaksa jaket gue pake terus. Padahal sih ngga dingin2 banget. Mana jaket si uni gede banget. Huffttt. Tidur sejam dua jam kali ya di kereta, kebangun2 terus. Sampe di Stavanger jam 7 pagi. Ternyata dingin, dan kayak mendung gitu. :(( Yaudah jalan aja langsung ke terminal tempat naik ferry buat ke Tau. Nama terminal nya Fiskepirterminalen. Ternyata dari stasiun Stavanger tuh ngga jauh, gue liat di peta kayak jauh gitu. Yaaa jalan kaki 10 menit lah. Sampe sana, di depan terminal nya ada yang jual tiket ferry ke Tau + bus ke pos awal buat ke Preikestolen, return way NOK300. Gampang banget kaaaan. Jadi pergi sendiri gpp (nyenengin diri sendiri). Jam pertama ferry nya jalan itu jam 8 pagi. Kurang lebih sejam buat sampe ke 1st stop nya Preikestolen.

Setelah benerin tas, siapin kamera gopro yang ternyata hasil nya failed semua karena jari gue (duuuhh ya belom pernah pake gopro gini deh hahahha), gue jalan jam setengah 10. Dari parkiran ke puncak Preikestolen itu kurang lebih 4km, dan normalnya 2 jam each way. Dan gue udah pasrah aja sih, jam berapa gue sampe atas nanti. Pas mau jalan, I was still like, "beneran nih tinggal jalan aja, duh sampe ngga ya gue keatas, nyasar ngga ya gue, oiya isi minum dulu deh, semoga cuaca cerah2 aja, eh pipis dulu kali ya, apa makan dulu... blablabla" padahal orang yang satu bus sama gue udah pada jalan duluan. Hahahahha.

Baru mulai jalanan tuh udah nanjak bangeeeettt. Gue langsung ngos2an, pusing, panik, muter2, kayaknya gue langsung butuh oksigen! lol. Okay. Calm down. Inner peace. Minum dulu, duduk bentar, makan cokelat ngga ngaruh, minum lagi, duduk lagi. Akhirnya udah kebiasa, lanjut jalan terus. Kebanyakan jalanan batu2 gitu. Makanya kalo kesini jangan pas hujan, bisa licin batu2nya. Bentar2 foto, selfie, minum dikit, ada sungai isi minum lagi. Hahahahah. Ada batu2 yang nanjak banget, trus kayak tanjakan terjal, yang harus jalan miring gitu, trus jalanan sempit di tepi jurang omaigaaad. Udah deket sampe atas gue udah capeee banget, tapi paksain terus jalan, sampe akhirnya keliatan lah si pulpit rock! The sun shines so bright! Lega banget sampe atas, and yes gue bisa sampe atas dalam 2 jam! hahaha. Diatas duduk makan, foto, foto, foto, sampe 1 setengah jam... :)) Gue turun jam 1, kalo sampe bawah 2 jam lagi, berarti gue ketinggalan bus yang jam setengah 3, dan harus nunggu jam 4. Ternyata gue bisa turun dalam 1 setengah jam. Pas udah deket banget sampe bawah jam 2:29, gue liat bus nya udah jalaaaannn. Gue lari2 trus dadah2 ke supirnya, dan boleh naik dong. fiuuuuhhh. Takk takk!

Akhirnya balik lagi ke Stavanger jam setengah 4, niat nya mau ngopi2 aja di cafe sambil nunggu jam setengah 11 malem (lama banget). Padahal udah cape banget, tapi ya muter2 di kota nya. Setelah sebulan di Oslo, pas main ke kota lain rasanya excited banget! Dan ternyata Stavanger tuh lucu banget, tapi gue heran sepi banget juga sih. Hehe. Di Stavanger toko2 nya kebanyakan ada di jalan2 kecil, agak tanjakan gitu (which is gue udah eneg banget sama tanjakan). Duduk di daerah Vagen (kalo ga salah), makin sore makin dingin, trus pindah duduk depan danau yang di tengah kota, sambil bayangin makan yang anget2 kayaknya enak banget. Ottokeeeeeee. Dan gue laper juga, nyari restoran indonesia ngga nemu2, hopeless, pegel, apa langsung aja gue ke stasiun ya, tapi makan apaan jugaaa. Balik lagi ke depan terminal ferry, katanya restorannya disitu, yaudah kalo emang ngga nemu, cuss ke stasiun aja. Dan akhirnya ketemuuuu Sumatera Restaurant (sembah), yang punya orang Aceh beneran. Dan bisa ngomong indo di eropa tuh rasanya aneh banget tapi seneng, apalagi selama di Oslo gue ga ada temen sama sekali. And they were so nice. Thank youuu. Ah makan mi aceh abis naik gunung enak sekaliiii hahahah.

Sekian cerita gue di Preikestolen. Rasanya pengen kesana lagiii, tapi kalo dibayarin. Hahahahah