Thursday, May 19, 2016

THE SENTIMENTAL SEOUL


Buat gue.. Seoul itu kota yang sentimental. Banget.
Hehe

Quote me on that! lol

Hahahahaha. I'm not exaggerating anything here. But, really, when the first time I arrived in this city, and saw its surrounding, it just felt very nostalgic. :)
Ngga kerasa udah sebulan lebih aja lewat, dari liburan gue di Seoul. Hmm.. ya menurut Rangga di AADC 2 sih, perjalanan gue kemaren itu ya "liburan" bukan "traveling". Yaaaa serah lo dah, Rangga! Orang ganteng mah bebas. lol

Jadi, sebenernya Seoul sendiri sebelumnya ngga ada di wishlist gue sebagai negara yang pengen gue datengin. Lalu kenapa gue tiba-tiba melancong aja gitu ke Seoul?! Hahahahaha. FYI, negara-negara yang pengen gue datengin adalah Iceland, dan juga Jepang. Dulu, duluuu banget, gue sukaaa banget sama Jepang. Segala sesuatu tentang Jepang bikin gue penasaran. Apalagi setelah punya kenalan orang Jepang, yang akhirnya sampe bikin gue kursus bahasa Jepang. Tapi ngga berlangsung lama, karena peminat kursus nya dikit, jadi berhenti deh. Terus sekarang gue kerja di perusahaan Jepang, yang kayaknya yaaa.. jadi salah satu alesan kenapa gue jadi ngga begitu excited lagi tentang Jepang. Entahlah.

ANYWAAAY.


Waktu itu akhir tahun 2014, gue inget lagi nonton TV aja gitu. Terus liat ada acara music award yang kemudian gue tau namanya adalah MAMA. Btw, gue perlu ngga sih nulisin ini, apa langsung ke bagian trip gue ke Seoul aja yah? Haiyaaaah. Ribet kan? EMANG! Sorry for overthinking everything, but that's just me. :P Oke singkatnya aja, sejak gue lumayan suka sama lagu-lagu rap si Kwon Jiyong aka G-Dragon, gue pun penasaran buat liat dia langsung. Karena ternyata dia adalah leader dari BIGBANG! Oke, what is Bigbang actually? Before I knew G-Dragon, the only bigbang I knew is The Big Bang Theory TV Series! Haha. But, now it's different. Biasanya ya, kalo lo nonton konser yang sebenernya lo belom kenal2 banget artisnya, either lo bakal jadi lebih semangat buat tau tentang mereka & jadi lebih2 suka sama mereka, atau lo malah jadi biasa aja gitu (kalo ini mungkin bisa disebabkan karena konsernnya mengecewakan?). Nah, setelah nonton konser Bigbang: MADE Tour in Jakarta tanggal 1 Agustus 2015, gue jadi sangat penasaran sama Jiyong :)). NEVER IN BILLION YEARS, WOULD I THOUGHT THAT I WILL WATCH A KOREAN MUSIC CONCERT. BUT I DID. AND IT WAS CRAZY, GOOD CRAZY. And Kwon Jiyong, he is real. Yeah, I was there.


Since then maybe, South Korea became really interesting to me. Kemudian, setelah banyak follow Seoul related Instagram pages, gue pun jadi semakin penasaran! All of the places, the foods, the musics, the FASHION, the cool buildings, the murals, and of course the pretty girls. OH, did I mention the music? I also found a lot more not kpop music from South Korea, and they are all so good. Sebut saja HYUKOH, dan juga THE BLACK SKIRTS. I recommend them to everyone. Just try to listen to them, you gotta love their songs.

Yaudah dong, waktu ngobrol2 sama temen gue yang emang udah dari dulu suka kpop banget, gue bilang aja, ntar kalo lo mau Seoul, jangan lupa ajakin gue ya! hahahahah gampang banget gue ngomong. Udah lamaaaaaaaa banget sampe akhirnya suatu hari temen gue beneran mau pergi, yaudah jadiin aja yuk? Trus gue yang, hah serius nih? Yaudah! :"))

Ini pertama kalinya gue ngerencanain pergi lumayan jauh, cuma berdua, ngga ada temen disana, bahasa nya pun gue ngga bisa. Gue cuma tau percakapan2 simple yang udah nempel di kepala gara2 nonton drama nya. Hahahah. Jadi ada manfaatnya juga dong nonton film korea. Dimulai dari nyari tiket pesawat. Standarnya sih bisa 6-7jutaan PP. Tapi kita kekeuh harus dapetin tiket PP dibawah 5 juta. Air Asia waktu itu lagi banyak banget promo. Kalau diitung bisa 3 juta PP. Tapi itu cuma harga kursinya aja loh. Belum termasuk bagasi yang ternyata bisa sampe sejutaan. Hiks. Dan pilihan waktunya pun kebanyakan ngga enak. Lama transit atau sampe sana sore atau pulang dari sana yang pagi banget. Akhirnya, kita nemuin combo price di Traveloka. Pesawatnya Cathay Pacific, udah termasuk bagasi 20 kg dan makan di pesawat, harganya 4.5 jt PP. Kita tungguin terus tiap hari berharap harganya bakal turun lagi. haha! Tapi akhirnya harap2 cemas takut ntar malah naik harganya, akhirnya kita beli aja dong tuh tiket. Padahal rumornya bikin visa Korea Selatan itu susah. Hahahahahaha yaudah lah yaaaa urusan visa ntar mikirnya.

Setelah beli tiket, hal musingin berikutnya adalah nyari tempat tinggal! Pilihannya tuh banyak banget, makanya bingung mau milih yang mana. Tapi juga karena kita booking ngga mau pake kartu kredit, jadi lah akhirnya kita pilih J-Honor Guesthouse. Bisa bayar langsung disana, dan ngga pake booking fee ataupun cancellation fee. Rate dan review nya juga bagus, ditambah lokasinya yang deket banget sama Myeongdong Shopping Area. Buat yang mau liat review gue tentang J-Honor Guesthouse, bisa cek di sini.

Flights ticket done, lodge booking done, visa done, money? Jangan lupa yaa bawa South Korea Won, yang banyak. Hahaha. Gue sih langsung tuker di Indonesia. Karena ngga mau ribet mikirin ntar disana mau nuker2 lagi. hehe

Gue sampe di Bandara International Incheon, South Korea, kira-kira jam setengah satu siang. Buat ngelewatin imigrasi ngga lama sih, cuma rame banget. Dan rata-rata kebanyakan adalah turis Jepang. Gila yah. Orang Jepang aja yang negaranya sama2 bagus gitu, dan sama2 lagi ada cherry blossom pada banyak dateng ko Korea, masa gue yang dari Indonesia gini ke Korea, trus temen2 gw pada nanya, dalam rangka apa ke Korea? Fufufufufu. Liburan needs no explanation. :)

Untuk sampe ke Seoul dari bandara Incheon, lo bisa naik subway biasa atau naik AREX Train atau Airport Express Train. Bedanya? Bedanya kalo train biasa tetep berhenti di setiap stasiun, sedangkan AREX dari Incheon langsung ke stasiun Seoul. Nah, nanti dari stasiun Seoul tinggal cek aja, karena guesthouse gue di Myeongdong, jadi gue transit lagi buat sampe ke stasiun Myeongdong. FYI, harga tiket AREX 8000 Won, tapi karena waktu itu lagi promo, gue bisa dapet 1 tiket AREX (numbered seating) & 1 T-money (card only) dengan harga 8900 Won. Yay!

Akhirnya naik AREX, dan seneng banget! Yaaa gitu deh baru sampe rasanya excited banget, padahal mah capek dan bete juga gue lagi dapet & nembus. Ngga enak banget :(. Waktu kereta AREX akhirnya keluar dari bandara Incheon dan pemandangan yang gue liat adalah CHERRY BLOSSOM! Everywhere! Pohon-pohonnya dari jauh keliatan putih agak pink2 gitu. Dreamy!

The tone color of Seoul from my eyes, is exactly the same like I imagine it to be. :D gue nulis ini sambil senyum2 ngebayangin gimana pertama kali liat view disana. Ah kan, sentimental sekali kota ini! Kalo kayak lo mau edit foto lo di VSCO misalnya. Gambaran gue tentang Seoul tuh cerah (apalagi waktu itu lagi banyak cherry blossom) trus lo pake fade sedikit, yang bikin gambarnya tuh ngga sharp tapi agak2 misty gitu. Ah gimana yaaa ngejelasinnya hahahahaha. Gitu deh, berasa lagi di mimpi! *iya fit, iyaa*

I will post more about my 6 days trip in Seoul. And I also post pictures I took there in my Instagram, please visit my page. :)

No comments: